stroum blog tempat berbagi pengalaman dan informasi

faktor-fakt0r penentu harga logam mulia

faktor-fakt0r penentu harga logam mulia

sebelum memulai belajar investasi logam mulia. lebih baik kita memahafi faktor2 penentu perubahan harga logam mulia,

  • Kenaikan Inflasi
Setiap negara mempunyai prediksi akan tingkat inflasinya, sebelum menentukan sebuah kebijakan ekonomi. Prediksi tersebut merupakan acuan untuk menetapkan tingkat suku bunga, dan lainnya.
Ketika inflasi meleset , emas biasanya diburu. Inflasi yang meleset dan apabila pasaran ekonomi negara tidak menentu membuatkan emas diburu sehingga menyebabkan harga emas naik karena naiknya permintaan.

  • Kondisi Politik Dunia
Situasi Politik Dunia Panasnya situasi politik dunia seperti saat Amerika melakukan perebutan kuasa ke Iraq juga memberi kesan terhadap harga emas. Pada saat itu banyak orang yang khuatir akan kesan perang, Hasilnya banyak yang beralih ke emas sehingga mengakibatkan harga emas naik.

  • Terjadinya Kepanikan Finansial
Tentu anda masih ingat krisis moneter yang menimpa Indonesia pada tahun 1998 dan tahun 2008 yang mengakibatkan kepanikan finansial.
Kepanikan finasial itu membuat masyarakat resah akan sarana investasi mereka, yang seketika dapat anjlok. Namun kepanikan finansial justru membuat emas membumbung tinggi, permintaan emas yang tinggi membuat harga emas jauh di awang-awang.

     *Harga minyak
Kenaikan harga minyak biasanya diikuti kenaikan harga emas. Namun biasanya kesannya tidak terjadi secara langsung. Misal, Ketika harga minyak naik, boleh menyebabkan terjadinya inflasi yang berlebihan sehingga menyebabkan harga emas ikut naik.

  • Naiknya Permintaan Emas
Salah satu yang menyebabkan naiknya permintaan emas adalah karena kelangkaannya. Naiknya permintaan emas yang tidak diikuti oleh jumlah pasokannya mengakibatkan harga emas otomatis mengalami kenanikan.
Beberapa negara seperti India dan Cina merupakan kedua negara yang memilih lebih baik menghabiskan uang mereka untuk berinvestasi emas.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Copyright © 2013 strouum | Partner Pathmo Media And Oto News